Tipe Mobil SUV, MVP, City Car dan HatchBack

Tahukah kalian kalau dulu, hanya terdapat empat jenis kendaraan roda empat di dunia ini. Yaitu Sedan, Jip, Minibus, dan Pickup yang dikategorikan berdasarkan fungsinya. Seiring perjalanan waktu, kendaraan roda empat ini kemudian "berevolusi". Alasannya? Untuk memenuhi kebutuhan para konsumen akan
fungsi mobil namun tetap nyaman.











Tapi jaman sudah banyak berubah dan teknologi pun semakin berkembang. Mobil pun juga ber-'evolusi' bersamaan dengan teknologi yang memudahkan produsen untuk membuat mobil yang sesuai dengan keinginan konsumen. Ada konsumen yang butuh mobil setangguh Jeep tapi penampilan sedan. Ada juga yang membutuhkan minibus namun harus bisa digunakan sebagai pickup juga untuk menunjang usahaanya. Munculah berbagai macam jenis mobil dan muncullah istilah-istilah baru untuk menamai tipe/jenis mobil tersebut. Beberapa diantaranya adalah SUV, MVP, HatchBack, dan yang lumayan baru City Car.



Sport Utility Vehicle (SUV)

Sport Utility Vehicle ( SUV ) adalah sebuah jenis mobil yang direka untuk mampu melewati berbagai medan , baik trek off road maupun on road dengan membawa muatan baik barang maupun penumpang (sumber).Dengan demikian, mobil berjenis SUV dituntut untuk tangguh disegala medan, Memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas, nyaman dikendarai, dan kapasitas penumpang yang cukup banyak (sekitar 7-8 penumpang). Mungkin seperti gabungan Jeep, PickUp, dan Sedan. Desainnya memiliki ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi, fitur yang lengkap, suspensi yang kokoh namun lembut, eksterior-interior yang terlihat tangguh dan elegan, ukuran ban dan bodi
Masukkan text-nya disini. Gambar juga bisa.

Dengan semakin banyaknya peminat SUV dan teknologi yang terus berkembang, lahirlah type-type SUV yang didasarkan pada ukuran dan fitur yang diperoleh yaitu Compact SUV, Middle SUV, Full-Sized SUV, dan Luxurius SUV.


Contoh Compact SUV

Contoh Middle SUV
Contoh Full Sized SUV

Multi Purpose Vehicle (MPV)

Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah dalah jenis kendaraan yang difungsikan untuk mengangkut banyak penumpang. Atau di Indonesia diidiomkan sebagai mobil keluarga dengan dimensi dan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mobil sedan (sumber). Memiliki 7 tempat duduk, fitur yang didokuskan untuk fungsonal (namun tidak dapat ditampik juga adanya desain kemewahan), terdapat banyak tempat untuk meletakkan barang-barang kecil seperti botol minum dan handphone, kabin yang luas, dan desain yang mengutamakan kenyamanan adalah ciri khas mobil MPV. Nama 'Multi' dalam MPV dimaksudkan bahwa mobil jenis ini dapat digunakan untuk membawa barang juga dengan cara melipat beberapa jok yang tidak digunakan (biasanya yang berada dibarisan belakang). MVP juga dibedakan berdasarkan dengan ukurannya, Smal MPV (Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia) dan Big MPV (Toyota Alphard).

Contoh Small MPV

Contoh Big MPV



City Car (Mobil Perkotaan)

City Car atau Mobil Perkotaan adalah mobil yang cocok untuk digunakan didalam lalu lintas dan medan yang terdapat di dalam kota. City Car hampir sama seperti Small MPV, namun ukurannya lebih compact lagi dan torsi di putaran bawah lebih tinggi daripada Small MPV. Hal ini dikarenakan keadaan lalu lintas perkotaan yang menuntut mobil untuk bisa berjalan lambat dan mudah berjalan setelah berhenti di lampu merah. Di jepang mobil jenis ini disebut Kei Car. Mobil jenis ini sangat digandrungi karena sangat lincah dan irit bbm jika digunakan didalam kota. City Car juga bisa dibawa untuk perjalanan jauh seperti keluar kota. Namun karena tidak didesain untuk itu, penumpang biasanya akan terasa pegal karena duduk terlalu lama dan mesinnya akan terasa cepat panas. 


Jenis mobil ini juga sedang diproduksi besar-besaran setelah program LCGC (Low Cost Green Car) dijalankan di Indonesia. Tentu saja dengan harganya yang lebih murah dibanding jenis mobil yang lain, membuat konsumen jatuh hati pada mobil jenis ini. Desainnya yang compact dan fungsional serta tempat duduknya yang hanya bisa dimuati maksimal 5 orang adalah ciri-ciri mobil ini. Lalu bagaimana jika ingin membawa barang yang banyak ? Pemilik harus secara ikhlas untuk mengorbankan kursi bagian belakan untuk dilipat sehingga barang bisa masuk.



Contoh City Car

Contoh City Car mobil LCGC




HatchBack


Hatchback adalah bentuk mobil penumpang berbasis sedan dengan bagian belakangnya lebih pendek. Gambaran mudahnya sih Hatchback itu sedan tanpa buntut, Karena desain mobil Hatchback didasarkan pada bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Tipe ini biasanya digunakan oleh mobil-mobil saat ini demi memperingkas desain namun tetap fungsional. Pintu bagasinya yang didesain dapat dibuka ke atas membuat memasukkan barang ke bagasi lebih mudah. Namun kadang mobil jenis ini memiliki bagasi yang minim namun tetap bisa menjadi besar jika melipat bangku belakang. Bentuknya yang kecil membuat hatchback banyak digunakan oleh generasi muda dan keluarga kecil (2 orang dewasa dan 1 anak kecil).
 
Contoh HatchBack









Related Posts:

2 Responses to "Tipe Mobil SUV, MVP, City Car dan HatchBack"


  1. sekedar tambahan ya
    Coupe : sedan yg memiliki satu atau dua pintu
    Cabriolet : sama dg coupe tetapi biasanya atapnya memiliki design melengkung kedepan ( tidak lurus )
    Convertable : adalah sedan yg atapnya dapat dibuka dan ditutup secara keseluruhan yg belakangan dikendalikan secara elektris.
    Station Wagon : adalah mobil yg bagasinya luas dan menyatu dengan kabin penumpang ( hampir sama dg hatchback, hanya hatchback lebih kecil )

    Sedan : adalah mobil dengan 4 pintu dg bagasi yg terpisah dari kabin penumpang.
    Saloon : adalah istilah untuk sedan
    MPV : memiliki bangku baris ketiga yg dapat dilipat sehingga bagasi menjadi luas, Station wagon pada umumnya hanya memiliki 2 row seater.
    SUV : Sport Utility Vehicle
    Station wagon lebih mirip MPV.
    Beda sedan dan saloon : saloon adalah panggilan untuk sedan, misalnya untuk Crown Super Saloon,
    Honda Civic Super Saloon.

    ada juga nih mobil penumpang 7 seaters. salam kenal ya

    ReplyDelete
  2. SUV DFSK Glory 580 merupakan jenis mobil suv yang mampu menyuguhkan kualitas, kelengkapan fitur, jaminan bebas kekhawatiran dan harga yang kompetitif bagi konsumen mobil SUV.

    ReplyDelete