10 Jenis Tanaman Liar Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tanaman liar adalah tanaman yang banyak tumbuh disekitar kita. Tanaman Liar
yang kaya akan manfaat ini kerap kali dianggap sebagai tanaman yang mengganggu. Sehingga keberadaannya sering kali tidak dianggap, dan lebih sering di cabut dan dihilangkan.

Namun ternyata di balik itu semua, tanaman liar ini mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman liar yang sering kita abaikan ini ternyata juga dapat mengobati berbagai macam penyakit.



1. Daun Dewa 


Daun dewa merupakan jenis tanaman liar yang tumbuh dengan subur di sekitar kita. Tanaman ini biasanya sering kali dapat kita temui pada halaman rumah, kebun dan ladang. Banyak orang mengganggap tanaman ini hanya tanaman yang mengganggu keindahan rumah, sehingga sering kali dicabuti.

Namun, perlu diketahui ternyata dalam tanaman ini banyak mengandung tanin, saponin, flavonoid, dan minyak atsiri yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Daun dewa mampu mengatasi masalah kesehatan seperti menghentikan pendarahan, mempercepat pembekuan darah, membersihkan racun di dalam tubuh, mencairkan pembekuan darah, menghilangkan panas, dan mengatasi kejang pada anak.


2. Jarak Bali 


Jarak bali atau biasa dikenal dengan nama arak batang gajah merupakan salah satu tanaman liar yang juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias yang biasa di tanam di taman atau pekarangan rumah. Semua bagian yang ada pada tanaman ini memilki banya khasiat untuk keehatan tubuh manusia. Diantara masalah kesehatan yang dapat diatasi olehtanaman ini antara lain seperti demam, digigit ular berbisa dan bengkak pada tubuh.
Penggunaan tanaman jarak sebagai obat bisa dengan cara direbus dan diminum airnya.

3. Ciplukan 


Ciplukan atau dalam bahasa latin Physialis angulata adalah jenis tanaman liar yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tanaman ciplukan biasanya banyak tumbuh pada pekarangan rumah, kebun, ladang, dan di persawahan. Buah ciplukan memiliki rasa yang manis ketika sudah matang, sehingga tanaman ini sering kali diburu oleh anak-anak untuk dimakan buahnya.

Perlu Anda ketahui, Tanaman ciplukan mulai dari akar hingga daunnya ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, Bahkan seluruh anggota yang ada pada tanaman ini bermanfaat semua. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan tanaman ini antara lain seperti influenza, sakit tenggorokan, gondongan, paru-paru, bisul, borok dan ayan.
Cara penggunaan tanaman ini sebagai obat herbal adalah dengan cara direbus dan minum air rebusannya.

4. Bunga Kenop 


 Bunga kenop adalah salah satu tanaman liar yang memiliki bunga yang indah, sehingga tanaman ini juga bisa di jadikan sebagai tanaman hias yang cantik. Bunga kenop biasanya mudah tumbuh pada ladang atau pekarangan yang mempunyai cahaya matahari yang cukup.

Dalam bunga kenop banyak mengandung beberapa zat diantarnya Gomphrenin I, II, III, V, dan VI serta mengandung zat amarathin. SElain itu juga mengandung  saponon, minyak atsiri dan flavon di dalamnya. Sehingga tanamnan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan tanaman ini antara lain batuk, sesak nafas, radang mata, dan peluruh dahak.

5. Sambiloto 


Sambiloto adalah tanaman herbal yang berasal dari India dan Sri Lanka. Tanaman ini memiliki nama latin Andrographis paniculata. Daun sambiloto memiliki kandungan senyawa Andrographolide sehingga tanaman ini mempunyai manfaat yang besar  bagi kesehatan tubuh. 
Senyawa yang terdapat pada tanaman ini bersifat melindungi hati dari dampak negatif galaktosamin dan parasetamol. 
Tanaman sambiloto dapat berfungsi untuk mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia.

6. Handeuleum 



Handeuleum merupakan tanaman perdu dengan batang tegak lurus yang dapat mudah tumbuh liar pada pekarangan dan daerah dataran rendah. 
Tanaman ini juga biasa dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang cantik. 
Selain bentuknya ynag indah, tanaman ini juga berkhasiat sebagai obat herbal alami yang dapat mengobati bermacam penyakit seperti memar, sembelit, melancarkan BAB, reumatik dan batu empedu.



7. Keji beling 


Keji beling adalah salah satu tanaman liar yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika Anda melihat tanaman ini di sekitar rumah Anda sebaiknya jangan cepat-cepat di basmi, karena tanaman ini dapat dijadikan alternatif untuk obat herbal alami yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menurunkan kolesterol, meluruhkan batu ginjal, disentri, diare, gatal-gatal karena gigitan serangga ataupun terkena ulat.

Dalam tanaman keji beling memiliki kandungan seperti zat tanin, glikosida dan asam silikat.

8. Krokot 


Krokot merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh dimana saja, baik pada tanahj yang subur, tandus maupun berbatu. Tanaman ini sering kali dianggap tanaman pengganggu sehingga diabaikan begitu saja. Tetapi, ternyata krokot juga mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Semua ba gian tanaman ini memiliki manfaat yang esar bagi kesehatan tubuh manusia.

Tanaman krokot kaya akan vitamin dan mineral sehingga sangat ampuh dalam mengobati berbagai macam gangguan kesehatan diantaranya mengurangi resiko kanker dan stroke, mengurangi resiko kanker rongga mulut, mencegah penyakit paru-paru, penyakit wasir, menurunkan demam, mengobati sakit kuning, melancarkan perederan darah dll.

9. Putri malu 


Tanaman putri malu merupakan tanaman liar yang sering tubuh subur di sekitar pekarangan rumah kita. Tanaman yang unik ini ternyata juga merupakan tanaman yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh manusaia.

Putri malu memiliki kandungan Asam Pipekolinat, Mimosin dan tanin, sehingga tanaman ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakityang mungkin menyerang tubuh kita. Khasiat tanaman putri malu bagi kesehatan antara lain anti inflamasi, menurunkan panas, meluruhkan air seni, mengobati hepatitis dan bronkitis, mengatasi dahak, rematik dan mengatasi insomnia.

10. Alang-alang 


Alang-alang merupakan tanaman liar sejenis rumput yang cukup tinggi dan sering kali dianggap mengganggu pemandangan. Walaupun para petani menganggap tanaman ini sebagai gulma namun ternyata tanaman ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman alang-alang mengandung zat imperanene dan graminone yang sangat berperan dalam menghambat pembekuan sel darah. Sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung Manusia. Manfaat alang-alang untuk kesehatan lainnya antara lain melancarkan BAK, mengatasi kencing batu, mengatasi hipertensi, radang paru-paru, asma, keputihan, prostat, diare dan mengobati muntah darah.

Related Posts:

0 Response to "10 Jenis Tanaman Liar Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan"

Post a Comment